Serba Neka

Berkah Ramadhan Jemaah Masjid Meningkat Drastis

7 Jun 2017 - 20:59 WIB

Salah satu berkah dari bulan ramadhan adalah banyak jemaah shalat yang turut memakmurkan masjid. Orang yang jarang ke masjid, alhamdulillah berdatangan ke masjid. Fenomena ini umum terjadi di seluruh wilayah indonesia. Dua shalat yang memiliki keutamaan besar yaitu shalat isya’ dan shalat subuh, banyak jemaah yang dapat mengikutinya. 

ini merupakan salah satu berkah ramadhan sesuai sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

_”Apabila Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.”_ (HR. Bukhari 1899, Muslim 1079)

Pada bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu, musuh kita tinggal hawa nafsu sendiri. Dengan demikian, tabiat kita yang sebenarnya akan tampak pada bulan ini. Sesuai fitrahnya, manusia itu menyukai kebaikan. Terbukti ketika bulan ramadhan banyak saudara-saudari kita yang ringan dalam beramal. Ada yang berbagi makanan untuk berbuka, memberikan kajian islami, mengajar tpa dengan intensitas yang lebih daripada biasanya, mengadakan kegiatan sosial tanpa memungut biaya, dan masih banyak lainnya.

Berbeda dengan bulan Ramadhan tahun lalu, alhamdulillah pada ramadhan tahun ini, jumlah pemain petasan sudah berkurang. Mungkin efek banyak kajian islami yang semakin mudah memasuki rumah lewat televisi, radio, maupun handphone yang sering dibawa. Semoga di daerah indo lainnya, jumlah pemain petasan juga berkurang.

Sedikit hal yang disayangkan, ada sebagian mereka yang lebih mementingkan shalat tarawih ketimbang shalat wajib. Shalat wajibnya malah masih ada yang bolong. Seolah-olah menganggap shalat tarawih itu wajib. Semoga di bulan ramadhan tahun ini, saudara kita yang shalat wajibnya masih bolong, mendapat hidayah untuk menyempurnakan shalat wajibnya juga.


TAGS   opini / ramadan /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive